Kamis, 28 Mei 2015

cara perbaiki power supply pc yg rusak

Cara memperbaiki power supply yang lemah - Setelah digunakan secara terus-menerus akhirnya Komputer Saya mulai bermasalah.  Adapun gejala-gejalanya yaitu :

Saat Komputer di-ON-kan lampu indikator CPU Komputer menyala berwarna hijau namun Monitor tetap dalam kondisi Stand-By dengan lampu indikator berwarna orange dan Layar Monitor dalam keadaan gelap serta tidak menampilkan apa-apa.  Oleh karena itu Komputer Saya OFF-kan dan melepaskan Monitor dari CPU Komputer.

Kemudian Saya menghidupkan Monitor  dan ternyata Monitor  dalam keadaan baik dengan menampilkan Raster dan lampu indikator berwarna hijau (karena Monitor sedang tidak terhubung ke CPU Komputer).  Berarti sumber masalahnya ada pada CPU Komputer.


 
Selanjutnya Saya melepas Power Supply CPU Komputer dan menggantinya dengan Power Supply CPU Komputer yang masih baru.  Ternyata Komputer bisa hidup dengan normal.  Sekarang sudah jelas yang rusak adalah Power Supply yang lama.

Selanjutnya Saya membuka Case Power Supply yang lama/rusak dan mendapati ada 2 elko yang karet bawahnya gembung.  Elko yang Saya maksud adalah elko 2200uF/10v  untuk Output 5v dan 2200/16v untuk Output 12v.  Setelah kedua elko Saya ganti dengan yang baru, Komputer bisa hidup kembali dengan normal.

Namun karena Saya tidak mau bolak-balik bongkar pasang di kemudian hari, maka sekalian saja elko-elko yang lain juga Saya ganti dengan yang baru.  Total ada 8 elko yang Saya ganti (sudah termasuk 2 elko yang Saya sebut di atas) yaitu :

elko 2200uF/10v (4 buah)
elko 2200uF/16v (2 buah)
elko 680uF/10v (1 buah)
elko 1000uF/16v (1 buah)

Kini Power Supply CPU Komputer Saya sudah seperti baru kembali dan Saya siap memulai kembali berselancar di dunia maya.

O.K. Selalu ada Jalan Asal Berusaha.....

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "